SELAMAT DATANG DI WEBSITE DPRD KABUPATEN BOYOLALI

 

Sekapur Sirih Ketua DPRD Boyolali

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, menuntut reformasi birokrasi yang mendorong perkembangan pemanfaatan e-goverment demi terwujudnya modernisasi birokrasi pemerintahan dan pelayanan publik yang responsif, cepat, dan semakin mudah.

Reformasi birokrasi harus mampu memenuhi kebutuhan informasi publik berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan atau penyelenggara badan publik lainnya, sesuai undang-undang tentang keterbukaan informasi publik serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

Berkaitan ini, sekaligus mengikuti perkembangan teknologi informasi, Sekretariat DPRD Kabupaten Boyolali memfasilitasi hadirnya website DPRD Kabupaten Boyolali sebagai media publikasi, yang diharapkan  dapat menjalin komunikasi dua arah antara DPRD Kabupaten Boyolali dengan masyarakat yang lebih intensif.

Melalui website DPRD Kabupaten Boyolali ini, diharapkan sosialisasi berbagai program dan informasi dari DPRD Kabupaten Boyolali, dapat diakses oleh masyarakat secara cepat, akurat, dan dari mana saja.

Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras Sekretariat DPRD Kabupaten Boyolali, yang telah mendorong dan mewujudkan pengembangan website ini. Ke depan, kami mengharapkan adanya peran aktif masyarakat untuk perbaikan kinerja DPRD, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Boyolali.

23 Maret 2017

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Boyolali

Ketua,

S Paryanto, SH. MH

 

VISI DAN MISI

Visi adalah pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana lembaga harus dibawa dan berkarya agar tetap konsisten dan daat eksis, antisipatif, inovatif dan produktif.

Misi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan oleh lembaga.

 

VISI DPRD KABUPATEN BOYOLALI

DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah empunyai kedudukan yang sama dengan pemerintah daerah.

DPRD sebagai mitra pemerintah daerah dapat memberikan atau mengusahakan dukungan yang diperlukan dalam rangka penyelenggaraan pemerinahan, pembangunan, dan pelayanan publik, sehingga mampu mengantarkan masyarakat mencapai kesejahteraan dengan cara-cara yang demokratis.

Guna memantapkan dan mengpimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD baik dalam bidang pembentukan peraturan daerah, anggaran maupun pengawasan, maka disusunlah Visi DPRD Kabupaten Boyolali sebagai berikut :

“DPRD KABUPATEN BOYOLALI YANG ASPIRATIF, PROFESIONAL, AKUNTABEL DAN BERMARTABAT”

Makna ASPIRATIF dalam Visi ini adalah bahwa DPRD memiliki keberpihakan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik serta berupaya dalam mencarikan pemecahan masalah yang dihadapi Pemerintah Kabupaten Boyolali.

Makna PROFESIONAL dalam Visi ini adalah bahwa DPRD melaksanakan tugas dan fungsinya secara tepat dan epat dengan berupaya meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan keterampilan.

Makna AKUNTABEL dalam Visi ini adalah bahwa semua tindakan DPRD dalam rangka ikut serta penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan publik sesuai tugas dan fungsi yang dimiliki, mengedepankan prinsip dapat dipertanggungjawabkan.

Makna BERMARTABAT dalam Visi ini adalah bahwa DPRD selalu berpegang pada etika dan nilai moral serta menjaga harga diri dan menjunjung tinggi azas kepatuhan dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan fungsi yang dimiliki.

 

MISI DPRD KABUPATEN BOYOLALI

Dalam rangka mewujudkan Visi DPRD Kabupaten Boyolali yang Aspiratif, Profesional, Akuntabel dan Bermartabat  itu, maka disusun Misi DPRD sebagai berikut :

1.  Mewujudkan Legislasi Daerah yang maju dn menyeluruh dalam melindungi kepentingan dan aspirasi masyarakat;

2.  Mewujudkan anggaran daerah yang tertib dan efisien serta berpihak pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat;

3.  Mewujudkan pengawasan yang efektif dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik;

4.  Mewujudkan kepedulian terhadap aspirasi dan kepentingan masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugas dan fungsi;

5.  Mewujudkan kelembagaan DPRD yang bermoral, berwibawa, demokratis, taat hukum dan harmonis terhadap seluruh pemangku kepentingan pembangunan.

Back to top